Para pemain tim Piala Thomas Indonesia (baju merah) berpose setelah menerima medali hasil menjadi runner-up Piala Thomas 2016. FOTO/BADMINTON INDONESIA

KUALA LUMPUR – Denmark, Jepang dan Indonesia menjadi lawan yang dianggap tangguh dalam pagelaran Piala Thomas 2018 yang akan berlangsung di Thailand, 20-27 Mei mendatang. Hal ini dikatakan oleh pelatih kepala Malaysia Cheh Soon Kit.

“Juara bertahan Denmark sangat kuat. Sementara itu, Indonesia dan Jepang memiliki tim yang solid,” kata Cheah dikutip dari The Star.

Ada alasan tersendiri bagi peraih medali perak Olimpiade Atlanta 1996 tersebut, tidak meenyebut China.

“China dulu sangat mendominasi. Akan tetapi, tim mereka telah kehilangan kesempatan menjadi juara pada dua edisi terakhir Piala Thomas (pada 2014 dan 2016),” ucap Cheah.

Mendapat lawan tangguh Cheah pun telah mempersiapkan tiga ganda yang solid. Saat ini sudah ada tiga pasang ganda putra yang tengah dipersiapkan oleh Cheah. Ketiga ganda tersebut adalah Goh V Shem/Tan Wee Kiong, Teo Ee Yi/Ong Ywe Sin, dan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani.

“Tujuan saya adalah menyiapkan tiga pasangan ganda putra yang solid untuk tim Malaysia,” kata Cheah, yang merupakan anggota tim Malaysia yang memenangi Piala Thomas 1992 di Kuala Lumpur lalu.

“Goh/Tan sudah stabil. Sementara itu, saya berharap pasangan Teo/Ong semakin membaik dan bisa memberikan pembuktian tentang performa mereka. Sedangkan Goh/Nur, sebagai ganda putra ketiga pada putaran final Piala Thomas 2018 nanti, ” tambah Cheah.